Kamis, 28 November 2013

TUGAS 4 JOB DESC dan BISNIS PROSES FINANCE AND ACCOUNTING DEPARTMENT PT KITA



1.      SEKILAS TENTANG PT. KITA
PT KITA merupakan salah satu perusahaan rekayasa distributor komputer. Perusahaan ini dibentuk sebagai simulasi kepada mahasiswa mata kuliah Entreprise Resources Planning (ERP) untuk mengetahui bisnis proses seluruh departemen yang saling terintegrasi satu dengan lainnya dalam suatu perusahaan dengan harapan kedepan mahasiswa dapat lebih memahami dan menerapkan system ini dalam dunia kerja.

Gambar 1. Departemen – departemen di PT KITA


2.      FINANCE AND ACCOUNTING DEPARTMENT
Departemen ini menjalankan proses pembayaran, laporan keuangan, perpajakan di PT KITA. 
2.1 Struktur Organisasi



Gambar 2. Struktur Organisasi Finance and Accounting Department

2.2  Bisnis Proses Finance and Accounting Department


Gambar 3. Bussiness Process Finance and Accounting Department

2.3  Finance And Accounting Manager
Saya bekerja sebagai Finance and Accounting Manager di PT KITA.
·         Tujuan Jabatan
Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.
·         Tugas Dan Tanggung Jawab
ü  Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
ü  Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
ü  Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
ü  Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
ü  Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
ü  Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya
ü  Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.


Untuk Download file WORD, klik DISINI
Untuk Download file PDF, klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar