1. SEKILAS TENTANG PT. KITA
PT KITA merupakan salah satu
perusahaan rekayasa distributor komputer. Perusahaan ini dibentuk sebagai
simulasi kepada mahasiswa mata kuliah Entreprise
Resources Planning (ERP) untuk mengetahui bisnis proses seluruh departemen yang
saling terintegrasi satu dengan lainnya dalam suatu perusahaan dengan harapan
kedepan mahasiswa dapat lebih memahami dan menerapkan system ini dalam dunia
kerja.
Gambar 1. Departemen – departemen di PT KITA
2. FINANCE AND ACCOUNTING DEPARTMENT
Departemen ini menjalankan proses pembayaran,
laporan keuangan, perpajakan di PT KITA.
2.1 Struktur Organisasi
Gambar 2. Struktur Organisasi Finance and Accounting
Department
2.2 Bisnis Proses
Finance and Accounting Department
Gambar 3. Bussiness Process Finance and Accounting Department
2.3 Finance
And Accounting Manager
Saya bekerja sebagai Finance
and Accounting Manager di PT KITA.
·
Tujuan
Jabatan
Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi
keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara
komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan
keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.
·
Tugas Dan
Tanggung Jawab
ü
Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data
dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan
perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
ü Mengkoordinasikan
dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan
agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang
berlaku.
ü Merencanakan,
mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama
pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk
operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
ü Merencanakan
dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan
anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien
dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
ü Merencanakan
dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi,
serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi
keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
ü Mengkoordinasikan
dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan
dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis,
baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan
lainnya
ü Merencanakan
dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi
biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
Untuk Download file WORD, klik DISINI
Untuk Download file PDF, klik DISINI
Untuk Download file WORD, klik DISINI
Untuk Download file PDF, klik DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar